ASAM LAMBUNG NAIK SAAT HAMIL

Bismillahirrahmanirrahiim,


Tahun 2017, aku divonis gejala LPR (Laryngopharyngeal reflux). LPR ini temennya GERD.


LPR adalah kondisi asam lambung naik ke kerongkongan, sehingga batuk-batuk sampaiiii lebih dari 2 minggu.


Jadi pas lagi hamil,

Karena muntah-muntah, terus perut membesar menekan ulu hati.. Kambuh lah asam lambung sampai LPR.
Ga bisa aku tidur dalam keadaan terlentang, aku tidur dengan bantal tinggi, duduk bersandar di bantal itu..

Yang aku lakukan untuk mengurangi sampai mencegah asam lambung ga naik lagi kerongkongan, aku :

- Tidur dengan duduk bersandar menggunakan bantal tinggi
- Minum air jahe madu setiap hari
- kurangin makan tepung, makanan kemasan, manis-manis
- makan buah apa yang ada, pisang semangka salak timun tomat kurma pepaya mangga nanas
- kurangin makan nasi, daging
- kadang minum air kelapa

Alhamdulillah berkurang sampai hilang, hanya terasa begah aja masuk trimester ke tiga..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permen Susu - Oleh oleh Khas Sumbawa

Ayat untuk Ruqyah

Kehamilan Kedua, apa apa yang dialami hingga usia kehamilan 12 weeks